RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Mata Pelajaran : Matematika
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bodeh (RSBI)
Kelas / Semester : XII / 1
Materi : Integral
Tahun Pelajaran : 2011/2012
A. Standar Kompetensi
1.Menggunakan konsep Integral dalam pemecahan masalah
B. Kompetensi Dasar
1.1 Menggunakan integral untuk menghitung luas daerah di bawah kurva dan volum benda putar.
C. Indikator
1. Menghitung luas suatu daerah yang di batasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
2. Menghitung volume benda putar
D. Tujuan Pembelajaran
1. Dengan pembelajaran menggunakan metode Cooperative Learning tipe CIRC Peserta didik dapat Menghitung luas suatu daerah yang di batasi oleh kurva dan sumbu-sumbu pada koordinat.
2. Dengan pembelajaran menggunakan metode Cooperative Learning tipe CIRC Peserta didik dapat Menghitung volume benda putar.
E. Materi Pembelajaran
Integral :
D. Menetukan Luas Daerah
D. 1. Menentukan Luas Daerah di Atas Sumbu-x
luas merupakan limit suatu jumlah, yang kemudian dapat dinyatakan sebagai integral tertentu. Pada subbab ini, akan dikembangkan pemahaman untuk menentukan luas daerah yang dibatasi oleh beberapa kurva. Misalkan R daerah yang dibatasi oleh kurva y = f(x), sumbu-x, garis x = a, dan garis x = b, dengan f(x)
D. 2. Menentukan Luas Daerah di Bawah Sumbu-x
Misalnya S daerah yang dibatasi oleh kurva y = f(x), sumbu-x, g aris x= a, dan garis x = b, dengan f(x)
D. 3. Menentukan Luas Daerah yang Terletak Dibatasi Kurva y = f(x) dan sumbu-x
Misalkan T daerah yang dibatasi oleh kurva y = f(x), sumbu-x, garis x = a, dan garis x= c, dengan f(x)
L(T)
D. 4. Menentukan Luas Daerah yang Terletak di Antara Dua Kurva
Luas daerah U pada gambar di bawah adalah
L(U) = Luas ABEF - Luas ABCD
E |
E |
D |
B |
A |
C |
L(U) |
Gambar 1.1
Luas daerah yang terletak di antara dua kurva
ABEF adalah daerah yang dibatasi oleh kurva
Luas ABEF
Dengan demikian, luas daerah U adalah
L (U)
E. Menentukan Volume Benda Putar
E. 1. Menentukan Volume Benda Putar yang Diputar Mengelilingi Sumbu-x
Secara umum, volume dinyatakan sebagai luas alas dikali tinggi. Secara matematis, ditulis
V = A . h |
Kemudian, perhatikan sebuah benda yang bersifat bahwa penampang-penampang tegak lurusnya pada suatu garis tertentu memiliki luas tertentu. Misalnya, garis tersebut adalah sumbu-x dan andaikan luas penampang di x adalah A(x) dengan a d x d b. Bagi selang [a, b] dengan titik-titik bagi a = x0 < x1 < x2 < ... xn = b.
Melalui titik-titik ini, luas bidang tegak lurus pada sumbu-x, sehingga diperoleh pemotongan benda menjadi lempengan yang tipis-tipis. Volume suatu lempengan ini dapat dianggap sebagai volume tabung, yaitu
V =
A(x) adalah luas alas benda putar, oleh karena alas benda putar ini berupa lingkaran, maka A(x) =
V =
Misalkan R daerah yang dibatasi oleh grafik fungsi f(x), sumbu-x, garis x = a, garis x = b, dengan a < b, maka volume benda putar yang diperoleh dengan memutar daerah R mengelilingi sumbu-x adalah V =
E. 2. Menentukan Volume Benda Putar yang Diputar Mengelilingi Sumbu -y
Misalkan S daerah yang dibatasi oleh grafik fungsi x = f(y), sumbu-y, garis x = a, garis x = b, dengan a < b, maka volume benda putar yang diperoleh dengan memutar daerah S mengelilingi sumbu-y adalah V.
V =
E. 3. Menentukan Volume Benda Putar yang Dibatasi Kurva f(x) dan g(x) jika Diputar Mengelilingi Sumbu-x
Daerah yang dibatasi oleh kurva f(x) dan g(x) dengan
V =
E.4. Menentukan Volume Benda Putar yang Dibatasi Kurva f(y) dan g(y) jika Diputar Mengelilingi Sumbu-y
Jika daerah yang dibatasi oleh kurva f(y) dan g(y) dengan
V =
F. Model dan tipe Pembelajaran
Cooperative Learning tipe CIRC.
G. Langkah - langkah Pembelajaran
Kegiatan pembelajaran | waktu | Pendidikan karakter bangsa | Langkah-langkah menurut standar proses | Media | |
Kegiatan pendahuluan | 10 menit | | | | |
a
c d e | Memberi salam dan bertanya tentang kondisi peserta didik Mengabsen peserta didik, dan mengkondisikan peserta didik Motivasi : Bagaimana menghitung suatu benda yang tidak biasa Mengenalkan tujuan dari materi tentang integral tentu Memeriksa catatan peserta didik | 1 menit 2menit 3menit 1menit 3menit | Disiplin Sopan santun | motivasi | Proyektpr powepoint |
kegiatan inti | 30 menit | | | | |
a b c d e f g h i j k l m | Guru mengelompokkan peserta didik menjadi 8 kelompok. Masing-masing kelompok menunjuk salah satu peserta didik untuk menjadi ketua kelompok Setiap ketua kelompok maju untuk diskusi dengan guru tentang materi yang di bahas. Setiap kelompok diberi soal atau masalah yang berbeda untuk didiskusikan dengan kelompoknya. Ketua kelompok bertanggung jawab atas kelompoknya dalam hal menjelaskan materi dan menyelesaikan soal. Kelompok 1: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan luas daerah di atas sumbu-x serta mencari solusi dari soal yang diberikan. Kelompok 2: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan luas daerah di bawah sumbu-x serta mencari solusi dari soal yang diberikan, Kelompok 3: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan luas daerah di atas dan di bawah sumbu-x serta mencari solusi dari soal yang diberikan. Kelompok 4: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan luas daerah di antara dua kurva serta mencari solusi dari soal yang diberikan. Kelompok 5: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan volume benda putar yang mengelilingi sumbu x serta mencari solusi dari soal yang diberikan, Kelompok 6: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan volume benda putar yang mengelilingi sumbu y serta mencari solusi dari soal yang diberikan Kelompok 7: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan volume benda putar yang mengelilingi sumbu x dan dibatasi kurva f(x) dan g(x) , serta mencari solusi dari soal yang diberikan Kelompok 8: peserta didik disuruh berdiskusi mengenai cara untuk menentukan volume benda putar yang mengelilingi sumbu y dan dibatasi kurva f(x) dan g(x) , serta mencari solusi dari soal yang diberikan | 2menit 1menit 5menit 1menit 5menit | Demokrasi Komunikatif Interaktif Komunikatif Kerjasama Tanggung jawab Kerjasama Komunikatif | Eskplorasi Eksplorasi Eskplorasi elaborasi | |
n o | Memberikan kesempatan untuk tiap kelompok mempresentasikan jawaban dari soal yang diberikan. Membahas bersama-sama permasalahan yang telah dikerjakan | 2menit 13menit | Demokrasi Interaktif kerjasama | Elaborasi | |
p q | Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui peserta didik. Guru bersama peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahpahaman, memberikan penguatan, dan penyimpulan. | 1menit | Komunikasi interaktif | Elaborasi Elaborasi | |
| Kegiatan Penutup | 5menit | | | |
a b c d e | Guru memberikan kesimpulan dari materi yang telah didiskusikan. Guru membimbing peserta didik untuk mencatat materi-materi yang telah diajarkan. Guru menginformasikan materi telah selesai Guru menginformasikan Ulangan harian pada pertemuan selanjutnya. Guru mengajak peserta didik untuk bersyukur dan menutup kegiatan dengan Salam | 2 menit 1menit 1menit 1 menit | Komunikasi Mandiri Disiplin Komunikasi Religious Ramah | Konfirmasi Konfirmasi | |
H. Sumber Belajar dan Media Pembelajaran
Sumber Belajar:
· Buku BSE Matematika Aplikasi untuk SMA dan MA kelas XII Peogram Studi Ilmu Alam.
Media Pembelajaran:
· Papan tulis, spidol, dan penghapus papan tulis.
· LCD
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
.................................. M.Arif Hidayat
NIP: NIP:
LATIHAN SOAL
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Bodeh (RSBI)
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas / Semester : XII / 1
Materi : Integral tertentu
Alokasi waktu : 10menit
1. Luas daerah yang dibatasi oleh y = x3 – 1, sumbu x , x = –1 , dan x = 2 adalah … satuan luas
2. Volume benda putar yang terjadi jika daerah yang dibatasi oleh y = 2x2 + 1, x = 1 , sumbu x, dan sumbu y diputar 3600 mengelilingi sumbu x adalah … satuan volum
PEDOMAN PENSKORAN
LATIHAN SOAL
No | Kunci Jawaban | Skor | |
1. |
| 5 5 5
15
5 | |
2. | Diketahui f(x) = y = 2x2 + 1, x = 1 , sumbu x = 0 ditanya V=….. jawab : V = = = = = = = jadi, volumenya adalah
| 5 5
5
15
5 | |
Jumlah skor total | 70 |
Nilai = (jumlah skor : 70) x 100
Kriteria Penilaian :
Skor | Keterangan |
≥ 90 | Sangat baik |
80 – 89 | Baik |
70 – 79 | Cukup baik |
≤ 69 | Kurang baik |
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Disusun Oleh :
Nama : M.Arif Hidayat
NPM : 09.0247.G
Kelas : PMTK VI B
PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS PEKALONGAN
2012
0 komentar:
Posting Komentar